SANCAnews.id – Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sekaligus ayahnya turut membentuk kabinet pemerintahan Prabowo Subianto.

 

“Ya, ada beberapa masukan-masukan (dari Jokowi)," ujar Gibran saat meninjau para badminton di ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) di Gedung Edutorium Universitas Sebelas Maret (UMS), Jumat, 11 Oktober 2024.

 

Namun, ia menegaskan mengenai keputusan menteri-menteri dalam kabinet tersebut ada di tangan Prabowo. "Tapi sekali lagi keputusannya di Presiden Terpilih (Prabowo),” katanya.

 

Gibran mengatakan, nama kabinet sementara ini belum diputuskan. “Nanti (nama kabinet). Keputusannya ada di pak presiden terpilih Prabowo,” kata dia.

 

Mantan Wali Kota Solo itu menegaskan personel menteri sudah hampir 100 persen. Ia pun memastikan menteri yang dipilih Prabowo merupakan orang-orang yang terbaik dalam posisinya. Pada Rabu, 9 Oktober 2024, Gibran juga mengatakan dirinya dilibatkan dalam penyusunan kabinet  “Oh iya pasti,” kata Gibran saat ditanya ihwal pelibatan dirinya dalam penyusunan kabinet di Jakarta Selatan, Rabu.

 

Sebelumnya, Gibran memastikan Jokowi tidak akan cawe-cawe dalam penyusunan kabinet pemerintahan Prabowo. "Yang nyusun (kabinet menteri) ya Pak Prabowo dong," ujar Gibran saat dilontari pertanyaan apakah Jokowi ikut menyusun kabinet menteri Prabowo-Gibran, Senin, 18 Maret 2024.

 

Gibran mengatakan pembicaraan mengenai jatah kursi menteri untuk partai koalisi hanya akan dibahas oleh dirinya dan Prabowo. "Kalau masalah itu ya selama ini diskusinya antara saya dan Pak Prabowo, antara kami berdua," katanya.

 

Meski begitu, seminggu berselang pernyataan Gibran berubah. Menurutnya, Prabowo akan menentukan susunan kabinet pemerintahannya, sementara ayahnya, Presiden Jokowi, akan memberi masukan.

 

"Pak Prabowo yang akan menentukan, ya. Mungkin (Presiden Jokowi memberi) masukan, tetapi penentuannya di Pak Prabowo, ya," ujar Gibran saat ditemui usai menghadiri silaturahmi dan buka puasa bersama di Kuningan, Jakarta, Senin, 25 Maret 2024 dilansir dari Antara.

 

Sementara itu,  Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan susunan nama menteri di kabinet pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan ditetapkan pada H-5 sebelum pelantikan, sesuai dengan timeline yang sudah direncanakan sebelumnya.

 

"Masih sesuai timeline," kata Dasco di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Jumat, 11 Oktober 2024.

 

Pelantikan presiden akan dilaksanakan pada 20 Oktober. Artinya, penetapan susunan menteri akan dilakukan pada 15 Oktober 2024. Sebelum hari itu, para calon menteri disebut akan bertemu lebih dulu dengan Prabowo.

 

Terkait dengan proses dan tempat pemanggilan para menteri, Dasco belum bisa memastikan akan dilaksanakan di Kertanegara atau di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Finalisasi undangan baru selesai antara Sabtu atau Ahad mendatang. "Kemudian baru akan dilakukan pengundangan kepada calon," kata Dasco.

 

Sebelumnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah menerima sejumlah nama calon menteri dari pimpinan partai koalisi untuk pemerintahannya ke depan. Menurut Prabowo, mayoritas nama yang diajukan para pimpinan partai. (tempo)


Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.