Sejumlah massa merusak banner diskusi kebangsaan tokoh dan aktivis di Jakarta Selatan, Sabtu (28/9) 

 

SANCAnews.id – Diskusi yang digelar Forum Tanah Air di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9), terpaksa dibubarkan setelah sejumlah orang tak dikenal melakukan penyerangan.

 

Pembubaran paksa tersebut bersifat anarkis, para pelaku merusak panggung, merusak backdrop, merusak stand mikrofon, serta mengancam peserta yang baru tiba di lokasi.

 

Acara yang sedianya dirancang sebagai forum dialog antara diaspora Indonesia di luar negeri dengan sejumlah tokoh dan aktivis yang membahas isu-isu kebangsaan ini menghadirkan narasumber seperti Din Syamsuddin, Refly Harun, Marwan Batubara, Said Didu, Rizal Fadhilah, dan Sunarko, serta Ketua dan Sekretaris Jenderal Tanah Air Forum, Tata Kesantra dan Ida N. Kusdianti.

 

Kekacauan bermula saat sekelompok orang yang diduga berasal dari Indonesia Timur berorasi dari dalam mobil komando di depan hotel, pada pagi hari.

 

Dalam orasinya, mereka mengecam para pembicara yang diundang dan membela kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo. Namun, situasi makin tak terkendali saat massa memasuki gedung acara dan merusak tempat pertemuan.

Meskipun ada petugas polisi di lokasi, para perusuh tampak bebas beraksi tanpa ada upaya tegas dari pihak berwenang untuk membubarkan mereka.

 

Din Syamsuddin, salah satu pembicara, mengutuk keras tindakan brutal tersebut dan menyebutnya sebagai cerminan pelanggaran demokrasi yang sedang berlangsung.

 

“Peristiwa brutal tersebut merupakan refleksi dari kejahatan demokrasi yang dilakukan rezim penguasa terakhir ini,” tegas mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini.

 

Sementara itu, Ketua Forum Tanah Air (FTA), Tata Kesantra, yang datang langsung dari New York untuk menghadiri acara tersebut, menyatakan kekecewaannya atas kejadian ini.

 

“Kejadian itu sangat memalukan, apalagi disaksikan lewat streaming youtube oleh para diaspora Indonesia di 22 negara,” tegasnya. (rmol)


Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.