Menteri Investasi Bahlil Lahadalia turut mendampingi Presiden Jokowi kunjungan kerja ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Ahad, 11 Agustus 2024. Foto Sekretariat Presiden 

 

SANCAnews.id – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur, pada Minggu, 11 Agustus 2024. Menteri Investasi sekaligus Politisi Partai Golkar Bahlil Lahadalia mendampingi Jokowi dalam kunjungannya ke Ibu Kota Nusantara (IKN) kali ini.

 

Kepala Negara dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta. Mereka terbang menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 14.00 WIB.

 

Jokowi akan langsung menuju IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Presiden akan bermalam di IKN untuk melanjutkan kegiatan keesokan harinya.

 

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan, Presiden Jokowi akan kembali berkantor di IKN dalam beberapa hari ke depan.

 

“Presiden diagendakan untuk melakukan sidang kabinet paripurna pertama di IKN dan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah infrastruktur pendukung di IKN," ucap Yusuf dalam keterangan tertulis.

 

Selain Bahlil, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri Agraria Raja Juli Antoni, juga turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke IKN pada hari ini.

 

Kebersamaan Bahlil dan Jokowi untuk kunjungan kerja ke IKN hari ini berlangsung di tengah peristiwa pengunduran diri Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar. Sejumlah pengurus Golkar bercerita kepada Tempo, Airlangga Hartarto disebut-sebut meneken surat pengunduran diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar pada Sabtu, 10 Agustus 2024. Airlangga memastikan ini melalui keterangan video pada Ahad, 11 Agustus 2024.

 

Dalam keterangan video tersebut, Airlangga mengatakan bahwa dia mengundurkan diri untuk menjaga keutuhan Partai Golkar. “Dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat,” katanya.

 

Elite Golkar mengabarkan kepada Tempo, akan ada sejumlah skenario yang berjalan setelah Airlangga mundur. Pertama, adalah menunjuk Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang sebagai pelaksana tugas Ketua Umum Golkar. Agus Gumiwang saat ini menjabat sebagai Menteri Perindustrian.

 

Hubungan Airlangga dan Agus juga disebut-sebut sedang tidak baik.  Selanjutnya, adalah mempersiapkan pelaksanaan Munaslub Partai Golkar yang rencananya bakal digelar pada akhir Agustus 2024. Nama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia juga disebut-sebut bakal menjadi Ketua Umum Golkar yang menggantikan Airlangga.

 

Koran Tempo, pada 4 Maret 2024, pernah mewartakan manuver Bahlil Lahadalia merebut kursi Ketua Umum Partai Golkar dari Airlangga. Langkah Bahlil itu disebut-sebut atas restu Presiden Jokowi. Skenario Bahlil mengambil alih Golkar, memungkinkan Jokowi untuk menjadi Ketua Dewan Pembina partai beringin. (tempo)


Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.