Afif Maulana 


SANCAnews.id – Pegiat Media Sosial (Medsos) Lia Amalia pun angkat suara terkait meninggalnya Afif Maulana (13) yang kasusnya ditutup Polda Sumatera Barat (Sumbar).

 

Alumni Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ini menyoroti temuan Kompolnas yang menemukan 17 petugas Direktorat Samapta Polda Sumbar terbukti melanggar kode etik.

 

"Ditutup padahal temuan Kompolnas Sumbar, 17 aparat Dit Samapta Polda Sumbar terbukti melanggar kode etik saat mengamankan tawuran," ujar Lia dalam keterangannya di aplikasi X @liaasister (1/7/2024).

 

Tapi kesimpulannya, kata Lia, Afif meninggal karena patah tulang usai jatuh ke sungai.

 

"Gampang banget ya nutup kasus? Mana nih yang mau usut tuntas," tandasnya.

 

Sebelumnya, Polda Sumbar telah menghentikan dan menutup kasus kematian Afif Maulana (AM), seorang bocah SMP yang ditemukan tewas di Sungai Batang Kuranji, Padang.

 

Keputusan ini diambil setelah keluarnya hasil otopsi yang mengungkap penyebab kematian korban.

 

Menurut hasil otopsi, penyebab kematian Afif Maulana adalah patahnya tulang iga belakang bagian kiri sebanyak enam ruas, yang menyebabkan paru-paru korban robek.

 

Dengan keluarnya hasil otopsi ini, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyo menyatakan bahwa kasus kematian siswa SMP berusia 12 tahun tersebut dianggap sudah selesai.

 

Namun, Kapolda Suharyo menegaskan bahwa kasus ini bisa dibuka kembali jika ada bukti baru yang muncul.

 

Suharyo menjelaskan bahwa berdasarkan penyelidikan, pihaknya menduga Afif Maulana tewas karena jatuh ke sungai dan berbenturan dengan benda keras, yang menyebabkan patah tulang iganya.

 

Meskipun belum ada saksi yang melihat langsung AM terjun dari jembatan atau terpeleset ke sungai, keterangan dari saksi kunci menyebutkan bahwa AM sempat menyatakan niat terjun ke sungai untuk menghindari polisi. (fajar)


Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.