Inisiator Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi) Tatak Ujiyati. Foto: Instagram/tatak_ujiyati 


SANCAnews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan membuka Musyawarah Nasional (Munas) Alap-Alap Relawan Jokowi, Sabtu (27/7/2024). Hal ini memicu protes.

 

Sindiran menyolok disampaikan pegiat media sosial Tatak Ujiyati. Ia melihat relawan Jokowi terus mendapat perhatian.

 

“Relawan jadi beban? Begini nih jika kelompok-kelompok relawan terus dipelihara bahkan diinstitusionalisasi,” ungkapnya dikutip fajar.co.id dari unggahannya di X, Rabu (24/7/2024).

 

Para relawan teraebut, kata dia saat kandidatnya menang mendapat posisi. Meski tak kompeten di posisi tersebut.

 

“Ketika kandidat menang lalu bagi-bagi posisi & proyek ke relawan-relawannya, walau tak kompeten,” ucapnya. 

 

Menurutnya, relawan saat Pilpres wajar. Namun dalam konteks Jomowi, malah berlanjut.

 

“Grup relawan terbentuk saat pilpres itu wajar, tapi harusnya usai pilpres ya bubar. Balik jadi warga biasa,” ujarnya.

 

Ia beranggapan, relawan tersebut jika memang punya visi mestinya membuat Partai Politik. Sehingga kandidat yang terlibat tak terseret konflk kepentingan.

 

“Kalau kelompok relawan masih punya visi misi lanjutan, masuk Parpol dong. Atau bikin yang baru. Agar kandidat yang didukung tidak punya beban untuk ngopeni relawan dengan bagi-bagi posisi & proyek kepada orang yang tidak kompeten. Lalu terjebak praktik KKN,” pungkasnya.

 

Soketahui, Munas yang bakal dihadiri Jokowi itu akan digelar di De Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar. Diikuti sekitar 2.000 peserta.

 

Ketua Umum AAJ sekaligus penanggung jawab kegiatan Munas, Muhammad Isnaini, menjelaskan kepastian Presiden Jokowi hadir dan membuka Munas sudah dikorfirmasi oleh Kementerian Sekretariat Negara dan Protokol Istana. Menurut Isnaini, agenda tersebut sudah lama direncanakan. (fajar)


Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.