Gibran saat menunjukkan ijazahnya kepada awak media di kantornya pada Senin, 20 November 2023


SANCAnews.id – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka kembali absen dalam acara diskusi terbuka tersebut. Terbaru, Gibran tak hadir dalam acara dialog interaktif Calon Wakil Presiden 2024 yang digelar tvOne pada Rabu malam, 6 Desember 2023.


Seperti diketahui, selain debat resmi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), agenda debat tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden juga digelar oleh beberapa stasiun TV dan kelompok masyarakat. Namun, Gibran diketahui menjadi calon wakil presiden yang paling banyak tak pernah hadir dalam diskusi.


Melalui akun X (dulu Twitter), pegiat media sosial, Dokter Tifa pernah membagikan daftar kehadiran capres dan cawapres 2024 dalam diskusi terbuka. Dalam unggahannya pada 25 November, tampak tanda warna merah dengan keterangan "tidak hadir" untuk pasangan Prabowo dan Gibran.


"Bran @gibran_tweet. Kamu memecahkan rekor! Rekor tidak hadir debat!" tulis Dokter Tifa.


Dari 19 acara diskusi terbuka, Prabowo-Gibran tidak menghadiri 8 acara, diantaranya Indonesia Data and Economic Konferece Katadata, Kuliah Umum Dialog Kebangsaan UNPAR, President Candidate's Lecture - Perihimpunan Periset Indonesia, The 11th Annul US-Indonesia Invesment Summit, Ekslusif Mata Najwa Pasca Deklarasi, Sarasehan UNM Makassar, KG Media Diskusi Capres UNAIR, Rembuk Ide Habibie Centre

Sementara pada acara diskusi Muhammadiyah, Prabowo memenuhi undangan, sedangkan Gibran tidak hadir. 

Gibran Tidak Hadir Acara Diskusi Muhammadiyah

Berdasarkan catatan Tempo, Gibran tercatat pernah batal hadir dalam acara Dialog Publik PP Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surabaya pada Jumat, 24 November 2023. Namun pada waktu yang sama, Gibran justru datang ke acara PP Persatuan Guru Nahdlatul Ulama atau NU di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Mojokerto, Jawa Timur.


Meski Gibran tidak datang ke acara diskusi tersebut, namun Prabowo tetap hadir. Prabowo pun meminta maaf karena Gibran tidak bisa menghadiri acara dialog publik itu. "Hari ini saya minta maaf Saudara Gibran Rakabuming Raka tidak bisa hadir," ucapnya dalam acara itu, seperti dipantau melalui YouTube PP Muhammadiyah.


Sekretaris Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran Nusron Wahid telah menyampaikan informasi soal batalnya Gibran untuk hadir dalam dialog publik  telah dikonfirmadi satu hari sebelum acara dimulai. Nusron mengatakan alasan Gibran tak datang ke Dialog Publik PP Muhammadiyah karena harus datang ke acara NU.


"Prabowo dan Gibran berbagi tugas,” kata dia, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 24 November 2023.


Ketidakhadiran Gibran dalam acara acara Dialog Publik PP Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surabaya itu pun memunculkan Tagar PrabowoGibranTakutDebat. Tagar tersebut bahkan menjadi trending topic di media sosial X (dulu Twitter) pada Kamis, 23 November 2023.


Gibran Kembali Absen Di Acara TV One

Terbaru Gibran  kembali tak hadir dalam dialog interaktif para Cawapres 2024 yang diselenggarakan tvOne pada Rabu malam, 6 Desember 2023. Dalam cuplikan video yang diunggah akun @yur*** di media sosial X, acara tersebut tampak hanya dihadiri oleh dua Cawapres lainnya yakni Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Mahfud MD.


Di saat yang bersamaan, rupanya Gibran lebih memilih untuk menghadiri acara deklarasi dukungan untuk Prabowo-Gibran dari Pergerakan Perempuan Muda Nahdliyin (Perdana) di Jakarta. Sontak, ketidakhadiran Gibran dalam acara tersebut kembali menuai sorotan netizen. 


Putra sulung Presiden Jokowi itu akhirnya buka suara soal ketidakhadirannya dalam undangan debat cawapres di TV One. Gibran mengatakan bahwa dirinya hanya mau datang pada acara debat yang digelar oleh KPU. Namun, ia tidak menjelaskan lebih lanjut alasan untuk tidak hadir di acara debat di luar debat resmi KPU.


"Saya datang yang debat resmi,” kata Gibran menjawab pertanyaan wartawan selepas acara deklarasi dukungan untuk Prabowo-Gibran dari Pergerakan Perempuan Muda Nahdliyin (Perdana) di Jakarta, seperti dikutip Antara, Rabu malam, 6 Desember 2023. (tempo)


Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.