Potret Mahfud MD saat berada di podium untuk menyampaikan pidato. (Instagram @mohmahfudmd)


SANCAnews.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD buka-bukaan soal korupsi di Tanah Air. Mahfud MD menyatakan, dari total koruptor di Indonesia, 84 persen di antaranya adalah lulusan perguruan tinggi.

 

Hal tersebut diungkapkan Mahfud MD saat memberikan orasi ilmiah di Universitas Negeri Padang (UNP) pada Minggu (18/12).

 

"84 persen dari semua koruptor di Indonesia ini adalah lulusan perguruan tinggi," ungkap Mahfud MD dihadapan para wisudawan.

 

Berdasarkan data Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mahfud menyebut bahwa jumlah koruptor saat ini 1300-an yang sudah ditangkap dan diadili.

 

"84 persen dari 1300 itu kira-kira ya 900 orang koruptor itu adalah sarjana," terangnya.

 

Meski begitu, pria asal Madura itu mengemukakan bahwa perguruan tinggi tidak gagal. Kendati, angka koruptor yang merupakan lulusan perguruan tinggi tersebut juga terbilang sangat tinggi.

 

Pasalnya, lulusan perguruan tinggi juga jauh lebih banyak, yakni lebih kurang 17,6 juta orang.

 

"Jadi 17,6 juta itu yang koruptor hanya 900 orang, kira-kira tidak ada 0,05 persen. Artinya, perguruan tinggi masih baik," kata pria kelahiran Sampang, Madura.

 

Mengenai adanya ratusan orang koruptor lulusan perguruan tinggi, pria yang sempat menjabat sebagai Hakim Konstitusi itu menilai bahwa koruptor hanya pintar dari segi otak, akan tetapi tumpul wataknya.

 

Di samping itu, Mahfud MD juga berpesan kepada para wisudawan UNP untuk patut bersyukur dan berbangga karena pendidikan Indonesia sudah cukup maju dengan segala kekurangannya. (jawapos)


Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.