ilustrasi-tangga
 

SANCAnews.id – Penelitian terbaru yang dipublikasikan di Atherosclerosis Journal menunjukkan bahwa dengan hanya melangkahkan kaki melewati lebih dari 50 anak tangga setiap harinya, potensi terkena penyakit jantung dapat berkurang hingga seperlima.

 

Dalam studi tersebut, data dikumpulkan dari 458 ribu orang yang meliputi aktivitas menaiki tangga, informasi demografis, serta aspek gaya hidup.

 

Setelah lima tahun, data tersebut ditelaah kembali untuk melihat korelasi antara aktivitas menaiki tangga dengan risiko ASCVD (seperti stroke iskemik, gangguan pada arteri koroner, atau komplikasi mendadak).

 

Dari observasi yang berlangsung selama kurang lebih 12,5 tahun, ditemukan bahwa individu yang jarang atau tidak pernah menaiki tangga, serta mereka yang awalnya rutin namun berhenti, memiliki potensi 32 persen lebih besar mengalami gangguan kardiovaskular (kondisi yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah, termasuk penyakit jantung koroner).

 

“Berjalan menaiki tangga adalah bentuk latihan, karena kami memiliki banyak penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga itu mengatur tekanan darah, mengubah keseimbangan kolesterol baik dan buruk, yang mengurangi penumpukan plak, dan membantu dengan pengelolaan berat badan,” ujar Ahli Bedah Kardiotoracic, CVTS Medical, Alexandra L. Kharazi, MD, kepada Eatthis, dikutip dari Antara, Jumat, 20 Oktober 2023.

 

Memilih asupan makanan dan minuman yang sehat, berkomitmen pada rutinitas olahraga, serta menjauhi rokok dapat meningkatkan kualitas kesehatan jantung.

 

Penting untuk diingat bahwa beberapa orang mungkin memiliki keterbatasan dalam melakukan olahraga seperti menaiki tangga, terutama karena kondisi kesehatan tertentu atau keadaan fisik. Kenaikan berat badan dan proses penuaan bisa menjadikan aktivitas menaiki tangga sebagai sebuah tantangan.

 

“Menavigasi tangga bisa sulit seiring bertambahnya usia, sebagian besar karena perubahan keseimbangan dan koordinasi kita. Salah satu langkah bisa menyebabkan cedera serius,” ujar Dokter Terapi Fisik asal Amerika, Cara Dobbertin.

 

Sebelum memulai rutinitas menaiki tangga guna meraih keuntungan kesehatan jantung, sangat disarankan untuk berdiskusi dengan dokter atau ahli kesehatan. Mereka akan memberikan saran apakah kegiatan tersebut cocok untuk seseorang, atau memberikan rekomendasi seberapa sering dan berapa banyak langkah yang sebaiknya ditempuh setiap harinya. (viva)


Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.