SANCAnews.id – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri membela Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terkait penolakan Timnas Israel yang menyebabkan dibatalkannya Piala Dunia U-20 di Indonesia.

 

Megawati menjelaskan, banyak pihak yang menyayangkan batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 karena menganggap isu tersebut sebagai sepak bola semata.

 

Padahal, kata Megawati, penolakan itu bukan sekadar urusan sepak bola, melainkan juga berhubungan dengan menjaga konstitusi Indonesia.

 

“Untuk main bolanya, setuju banget. Tapi ada yang (harus) lebih dipikirkan. Itu konstitusi kita. Karena konstitusi kita itu adalah tetap berjuang untuk (kemerdekaan) suatu bangsa,” kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad, 30 April 2023.

 

Megawati singgung Dasa Sila Bandung

Megawati mengingatkan bahwa deklarasi Konferensi Asia Afrika yang ditandatangani 29 negara menyebutkan bahwa tiap negara harus menghormati kedaulatan dan integritas teritorial semua bangsa. Selain itu, setiap negara juga hendaknya tidak melakukan ancaman agresi maupun penggunaan kekerasan terhadap kemerdekaan politik suatu negara.

 

Adapun keputusan KAA itu bernama Dasa Sila Bandung. Dari 8 sila keputusan, Megawati mengingatkan ada dua sila yang mesti digarisbawahi.

 

“Satu, memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Yang kedua, tidak membuka hubungan diplomatik kepada Israel dan Taiwan,” kata Megawati.

 

Megawati tahu elektabilitas Ganjar melorot akibat penolakan itu

Presiden RI kelima itu berharap seluruh pihak, utamanya anak muda Indonesia, mengetahui momen itu sebagai sejarah bangsa. Namun yang terjadi, kata Megawati, Ganjar yang menentang kedatangan Timnas Israel malah diserang.

 

Bahkan, Megawati menilai Ganjar disudutkan melalui elektabilitasnya yang menurun. Ia mengaku mengetahui hal tersebut, namun tetap tidak goyah atas keyakinannya terhadap Ganjar.

 

“Jadi bukan urusan, Pak Ganjar surveinya melorot. Saya terus bilang, saya bisa statistik. Nanti deh lihat, sebentar saja (elektabilitas Ganjar pasti) rebound,” ujar Mega.

 

Penolakan Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster, keduanya kader PDIP, terhadap Timnas Israel U-20 disebut sebagai penyebab FIFA membatalkan pergelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia. Tak hanya itu, FIFA juga menjatuhkan sanksi berupa pembekuan dana bantuan pengembangan sepak bola yang disebut FIFA Forward. (tempo)


Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.