SANCAnews.id – Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sama-sama dicalonkan sebagai calon presiden 2024. Keduanya kini resmi bersaing dalam persaingan politik memperebutkan posisi pemimpin Republik Indonesia.

 

Meski begitu, keduanya juga belum mengumumkan siapa yang akan menjadi pasangannya di Pilpres 2024. Namun, baik Anies maupun Ganjar telah berbagi spesifikasi (spesifikasi) atau kriteria calon wakil presiden (cawapres) ideal mereka.

 

Kriteria Cawapres Anies

Anies Baswedan memaparkan lima kriteria sosok yang akan menjadi calon pendampingnya dalam Pilpres 2024. Pertama, harus memiliki kontribusi yang direalisasikan dengan tingkat elektabilitas tinggi serta kerawanan politik yang rendah.

 

Lalu, pendampingnya perlu berkontribusi dalam memelihara stabilitas koalisi. Tak lupa, turut memiliki peranan dalam pengelolaan pemerintahan yang efisien dan efektif. Orang itu juga harus mempunyai visi yang sama dan mau menciptakan kebersamaan dwi tunggal.

 

Sejumlah nama disebut-sebut bakal menjadi cawapres Anies. Diantaranya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan (Aher), serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

 

Kriteria Cawapres Ganjar

Di sela-sela aktivitasnya di kawasan GBK, Senayan, Jakarta Pusat, pada Minggu (30/4/2023), Ganjar Pranowo membeberkan kriteria cawapres idamannya. Ia ingin sosok yang akan mendampinginya dalam Pilpres 2024 itu memiliki kesamaan visi dan tujuan.

 

Lalu, kriteria selanjutnya adalah harus bisa saling melengkapi. Adapun pemilihan cawapres akan ia bahas bersama partai pengusungnya. Ia juga mengaku bakal ada partai politik lain di parlemen dan non parlemen yang ikut mendeklarasikannya.

 

Sementara itu, ada sejumlah nama yang disebut-sebut berpotensi menjadi cawapres Ganjar. Mulai dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Menteri BUMN Erick Thohir.

 

Terkait hal itu, Ganjar menanggapi bahwa siapa saja memiliki peluang untuk menjadi calon pendampingnya. Ia bersama PDIP dan partai-partai pengusungnya akan membicarakan sosok cawapres, lalu segera mengumumkannya ke publik.

 

Deklarasi Capres Anies

Partai NasDem melalui ketua umumnya, Surya Paloh, mendeklarasikan Anies sebagai capres 2024. Pengumuman ini disampaikan di NasDem Tower, Jakarta Pusat, pada Senin (3/10/2022). Mereka juga membentuk Koalisi Perubahan bersama PKS dan Partai Demokrat.

 

Lalu, pada Kamis (23/2/2023), Presiden PKS Ahmad Syaikhu memastikan partainya ikut mendukung Anies Baswedan sebagai capres 2024. Menyusul deklarasi itu, Ketua Umum Partai Demokrat AHY pun meresmikan dukungan kepada Anies.

 

Deklarasi Capres Ganjar

Setelah melakukan diskusi panjang, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menunjuk Ganjar Pranowo sebagai capres dari partainya. Pengumuman ini disampaikannya di Batu Tulis, Bogor, Jumat (21/4/2023). Momen tersebut turut dihadiri Presiden Jokowi.

 

PPP juga resmi mengusung Ganjar Pranowo, sebagai capres 2024. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Ketum PPP Muhammad Mardiono di kediamannya di Sleman, pada Rabu (26/4/2023). Penetapan itu, katanya, dilakukan berdasarkan hasil musyawarah dan diskusi. (suara)


Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.