SANCAnews.id – PT Kereta Api Indonesia atau KAI buka suara mengenai harga tiket yang baru-baru ini dikeluhkan masyarakat karena harganya dianggap terlalu mahal. VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan tarif KA komersial bersifat fluktuatif—menyesuaikan permintaan pelanggan.

 

“Tapi tarifnya juga kami pastikan selalu berada dalam Tarif Batas Bawah (TBB) dan Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditetapkan,” kata Joni kepada Tempo, Minggu, 8 Januari 2023.

 

Sementara itu, kereta-kereta yang bersifat PSO atau mendapatkan Public Service Obligation, tarifnya tetap, sesuai dengan tarif yang telah ditentukan pemerintah.

 

Sebagai alternatif, Joni melanjutkan, KAI pun menjual tiket ke berbagai tujuan dalam berbagai kelas dan subkelas. Tujuannya, agar pelanggan dapat memilih tarif yang diinginkan sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, KAI juga menyediakan tarif khusus.

 

“Pelanggan dapat membeli tiket dengan tarif lebih murah khusus untuk rute dan KA tertentu. Tiket dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access atau loket stasiun maksimal dua jam sebelum keberangkatan,” ungkap Jonni.

 

Tak hanya itu, Jonni berujar, untuk memberikan kemudahan pelanggan, KAI juga rutin menyediakan event promo tiket. Termasuk menyediakan tarif reduksi bagi lansia, bayi, wartawan, dan berbagai instansi lainnya.

 

Adapun perkara tiket kereta mahal ini sempat menjadi perbincangan publik di media sosial. Keluhan-keluhan banyak disampaikan warganet melalui Twitter.

 

“Tiket kereta mahal bgt skrg whyyyy,” tulis pengguna Twitter dengan akun @alfi**niyunita, Minggu, 8 Januari 2023.

 

 “Bulan juni 2022 aku pulang ke Blitar biasanya naik Singasari eksekutif. Tapi pas aku cek harga tiket kereta dan bus harganya sama di Rp 475 ribu itu bus Rosalia Indah kelas sleeper dapat service makan, snack, air mineral 600 ml. Jangan mahal-mahal tiket kereta nanti ditinggal pelanggan,” curhat pengguna Twitter lain dengan akun @Agusti**C. (tempo)

Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.