SANCAnews.id – Presiden Jokowi berhasil menggelar pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali, dengan hasil yang memuaskan. Pertemuan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut masih jadi topik hangat publik.

 

Sejumlah momen menarik G20 atau Group of 20 kian beredar di jagat media sosial, salah satunya foto yang dibagikan oleh Sekretaris Departemen IV DPP Partai Demokrat, Hasbil M. Lubis.

 

Foto tersebut memperlihatkan momen Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat bicara di pembukaan G20 pada Selasa, (15/11/2022).

 

Namun menariknya, foto yang dibagikan lewat akun Twitter @Hasbil_Lbs itu, justru menyoroti gestur Presiden Jokowi yang berada di sisi kanan Biden.

 

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut diduga tidak memperhatikan Biden, di saat para peserta lainnya tertuju pada Biden serta fokus mendengarkan penjelasan Presiden Amerika.

 

Berdasarkan foto, tatapan mata Jokowi mengarah ke depan dan termenung.

 

"Bapak Jokowi kok malah menatap ke depan begitu. Ngeliat apa ya pak?" cuit akun Twitter Hasbil dikutip pada Kamis, (17/11/2022).

 

Hasbil bertanya-tanya apakah gestur Jokowi tersebut bertanda tengah menyimak penjelasan Biden atau sebaliknya.

 

"Menyimak kah apa yang dikatakan biden? Atau jangan-jangan malah gak ngerti apa yang disampaikan Biden?" tuturnya.

 

Sebagaimana diketahui, G20 merupakan salah satu forum internasional paling berpengaruh di dunia. Pasalnya, semua anggota G20 merepresentasikan lebih dari dua pertiga penduduk di dunia. Tercatat sebesar 75 persen perdagangan global, dan 80 persen lainnya sebagai sumber produk domestik bruto (PDB) dunia.

 

Sebuah forum kerja sama multilateral yang beranggotakan 19 negara utama dan Uni Eropa (EU) ini mempunyai kelas pendapatan menengah hingga tinggi. G20 sendiri terdiri dari berbagai negara berkembang hingga maju.

 

Anggota G20 sendiri adalah Amerika Serikat (AS), Australia, Brasil, Argentina, Afrika Selatan, China, Kanada, Uni Eropa, Perancis, Jerman, Jepang, Italia, India, Indonesia, Meksiko, Arab Saudi, Rusia, Korea Selatan, Turki, dan Inggris. Sebanyak 17 Kepala Negara atau Pemerintahan turut hadir dalam KTT G20 yang tengah dilaksanakan di Bali.

 

Forum dunia KTT G20 di Nusa Dua Bali India akhirnya resmi ditutup pada, Rabu (16/11/2022). Kepemimpinan pun dialihkan dari Indonesia ke India. India akan menjadi Presiden G20 ke-18 tahun depan. (suara)



Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.