SANCAnews – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mendorong nelayan pesisir selatan dalam pemanfaatan potensi perairan laut dalam usaha budi daya ikan Kerapu di daerah itu.

 

Hal demikian dikatakan, sebab kabupaten pesisir selatan merupakan daerah yang memiliki Sentra paling banyak bila di bandingkan dengan daerah lain seperti Pasaman dan Kota Padang.

 

"Untuk itu,  perlu kita dorong dan kita kembangkan budi daya ikan ini, guna meningkatkan pendapatan bagi para nelayan," kata Mahyeldi, saat menyerahkan bantuan benih dan pakan ikan Kerapu pada Kelompok Nelayan di Intalasi Balai Perikanan Budidaya Perikanan Air Payau dan Laut (BPBLAPL) Sungai Nipah, Kenagarian Painan Selatan, Rabu (14/7) sore.

 

Bantuan nelayan tersebut diberikan sebanyak, 2.800 ekor benih ikan Kerapu Bebek, 7.800 benih ikan Kerapu Cantik, 4.730 kg pakan dan 255 bungkus Vitamin, untuk 7 kelompok nelayan di daerah itu.

 

Dihadiri Wakil Bupati Pessel, Rudi Heriansyah, PJ Sekda, Luhur Budianda, Kepala Satpol PP Provinsi Sumbar, Dedy Diantulani, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sumbar diwakili sekretaris Desniati, anggota DPRD Provinsi, Bakri Bakar, Dapil 8 Pessel - Mentawai dan juga anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan.

 

Lebih jauh, Mahyeldi menyampaikan, bahwasanya pesisir selatan memiliki lebih kurang 47 pulau di daerah itu. Kemudian juga memiliki potensi garis pantai dan pulau yang perlu dioptimalkan dengan budi daya karena daerah tersebut telah memiliki RT RW pinggir pantai.

 

"Jadi kalau kita berbicara dengan masalah ekspor atau kerjasama dengan pihak lain ada jaminan produksi. Itu bisa kita lakukan dengan budi daya," ungkapnya.

 

Ia menambahkan, bahwa pihaknya juga bakal meanggarkan anggaran 10 Parsen pada bidang Perikanan dan Pertanian untuk kabupaten pesisir dari anggaran yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

 

"Untuk itu, kita perlu serius dan fokus pada pesisir selatan, untuk ke laut sehingga mendapatkan peningkatan pada nelayan dan juga masyarakat," ujarnya. (Emil)


Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.