Calon wali nagari yang mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD) sebanyak 111 orang, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan di SMPN 1 Painan, Selasa (18/5). (Foto: Emil)


SANCAnews – Sebanyak 111 calon wali nagari yang akan mengikuti pemilihan wali nagari (Pilwana) serentak pada 8 Juni 2021 di Kabupaten Pesisir Selatan, menjalani Tes Kompetensi Dasar (TKD) di SMPN 1 Painan, Selasa (18/5).

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Pessel, Wendi mengatakan, pemilihan wali nagari (Pilwana) akan diikuti di 31 nagari dengan 13 kecamatan di wilayahnya.

 

Dalam penjaringan calon wali nagari yang mengikuti Uji Kompetensi Dasar terdapat 111 orang yang terdiri dari 80 butir yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

 

"Dari 31 nagari ini, ada sebanyak 18 nagari yang mengikuti Tes Kompetensi Dasar karena bakal calon walinagarinya melebihi peserta. Sebab, bakal calon wali nagari masing masing hanya dibolehkan paling banyak lima orang," kata dia.

 

Kemudian dijelaskannya bahwa TKD dilaksanakan bekerjasama dengan Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi (LMFE) Universitas Andalas (Unand) Padang.

 

"Dipilihnya Unand karena perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini memang  telah teruji integritas dan kapabilitasnya. Dalam melakukan pengujian, lembaga bekerja secara profesional," ujarnya.

 

Maka berdasarkan itu, kata dia, agar tidak ada pihak yang bisa membantu untuk lolos kecuali kemampuannya sendiri dalam menjawab pertanyaan yang diajukan.


Diungkapkannya lagi, bahwa semua peserta setelah mengikuti ujian nantinya dipersilahkan sendiri untuk menghitung jumlah nilai yang mampu diraupnya.

 

"Kami meyakini, bahwa dengan cara-cara yang baik, terukur dan jujur maka dihasilkan calon wali nagari yang insya Allah memiliki kapasitas yang memadai untuk berkompetisi pada Pilwana 8 Juni 2021 mendatang itu," ungkapnya.

 

Lebih lanjut dia menambahkan, dari 31 nagari dengan 13 kecamatan, diperkirakan jumlah pemilih yang wajib memilih ada sekitar 75.000 orang.

 

"Jika bagi peserta pada posisi ranking 5 memiliki nilainya yang sama maka akan dilanjutkan dengan soal tambahan," tutupnya. (Emil)


Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.