Jakarta, SNC – Menyusul bentrokan antara aparat dan pendukung Habib Rizieq Shihab (HRS), Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dikabarkan membentuk tim penyidik.


Lebih lanjut, lembaga ini ingin semua pihak bersedia membantu mengungkap kebenaran di balik peristiwa tersebut; termasuk kerjasama dari kepolisian.


"Komnas HAM telah membuat tim. Saat ini, sedang mempelajari informasi guna memperdalam berbagai informasi yang beredar di publik," kata Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Choirul Anam, Senin (7/12/2020).


Menurutnya, tim tersebut sedang berupaya mengumpulkan keterangan dari pihak Front Pembela Islam (FPI). Pada tahap awal, sudah terhimpun sejumlah informasi secara langsung.

 
Ia berkata, "Tim juga sedang mendalami informasi dan mengumpulkan fakta-fakta dari pihak langsung. Termasuk, menggali keterangan dari FPI secara langsung yang saat ini sedang berlangsung."


Sebelumnya, petugas Polda Metro Jaya kabarnya menembak enam simpatisan HRS karena menyerang penyelidik kasus pimpinan FPI itu.


"Terhadap kelompok MRS yang melakukan penyerangan kepada anggota, dilakukan tindakan tegas dan meninggal dunia sebanyak enam orang," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi, Fadil Imran di Markas Polda Metro Jaya, dilansir Wartaekonomi.co.id.


Peristiwa itu berlangsung pada Senin pukul 00.300 WIB di Jalan Tol Jakarta-Cikampek kilometer 50. Menurut pihak Polda Metro Jaya, saat petugas kepolisian membuntuti kendaraan yang diduga berisi simpatisan MRS, tiba-tiba ada penyerangan.


"Ketika anggota Polda Metro Jaya mengikuti kendaraan yg diduga adalah pengikut MRS, kendaraan petugas dipepet lalu kemudian diserang dengan menggunakan senjata api dan senjata tajam," kata Fadil.


Menurut Fadil, ada 10 pelaku penyerangan. Namun, enam orang kabur setelah empat rekannya tak sadarkan diri.


Karena peristiwa itu, warganet beramai-ramai membuat kata 'Komnas HAM' masuk ke tren Twitter pada Senin malam; dengan maksud meminta lembaga itu menyelidiki kasus tersebut. Hingga pukul 21.04 WIB, ada 4.549 cuitan yang memuat kata 'Komnas HAM'.


Selain itu, tagar #SayaPercayaFPI, #KamiPercayaFPI, kata 'Polisi', 'Bravo Polri', dan 'Munarman' juga ikut masuk ke daftar tren.[]



Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.