Ilustrasi massa demo di Patung Kuda /Ist


Jakarta, SNC - Demonstrasi menentang Omnibus Law Cipta Kerja terus berlanjut. Pada Rabu (28/10) saat cuti bersama, massa buruh dan mahasiswa siang tadi kembali menggelar aksi unjuk rasa di Jakarta. Diperkirakan massa diperkirakan mencapai 4.000 pekerja dan mahasiswa yang menolak omnibus law UU Cipta Kerja.


"Hasil rapat tadi malam kemungkinan antara 3.000-4.000, di tiga titik tersebut ya," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo  di Bundaran Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (28/10/2020) seperti dikutip detikcom.


Ia memerinci tiga titik aksi massa, yakni di depan gedung DPR RI, Istana Merdeka, dan kawasan Tugu Proklamasi. Untuk pengamanan demo hari ini, sebanyak 10.000 personel gabungan disebar di titik konsentrasi massa maupun di titik rute massa.


Sambodo mengungkapkan, berbagai elemen akan mengikuti demonstrasi di Hari Sumpah Pemuda ini. Mulai dari pelajar hingga buruh. Karena itu, polisi sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar DKI Jakarta.


Ia menambahkan, khusus di kawasan DPR RI dan Tugu Proklamasi, pengalihan arus bersifat situasional. Sedangkan di kawasan Istana Merdeka dan sekitarnya dipastikan akan diberlakukan penutupan jalan.


"Kalau untuk di DPR-MPR dan di Tugu Proklamasi pengalihan arusnya sifatnya situasional artinya buka tutup arus akan dilakukan setelah ada massa. Tapi, khusus untuk seputaran Istana mulai tadi malam sudah dipasang barier sama seperti pengamanan-pengamanan unjuk rasa sebelumnya di Bundaran Patung Kuda, di Harmoni, di Gambir, Veteran, dan sebagainya. Ini kita masukkan untuk menjaga ketertiban keamanan dan kenyamanan bagi pengunjuk rasa maupun bagi masyarakat umum," ungkapnya.


Hingga pukul 10.00 WIB massa mulai berdatangan, bahkan sejak pukul 09.15 WIB, Jalan Medan Merdeka Barat arah Istana Merdeka saat ini sudah ditutup. Kawat berduri dan pembatas jalan dari beton sudah melintang.


Kendaraan dari arah Jalan Thamrin atau Jalan Medan Merdeka Selatan yang hendak menuju Harmoni tak bisa melewati Jalan Medan Merdeka Barat. Meski demikian, arus lalu lintas di Jalan Thamrin, Jalan Medan Merdeka Selatan, dan Jalan Budi Kemuliaan lancar. []


Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.