Prof Mestika Zed Guru Besar Universitas Negeri Padang

 
PADANG, SANCA NEWS.COM - Kabar duka datang dari sejarahwan Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat (Sumbar), Prof. Mestika Zed.

Kabar meninggalnya Mestika Zed langsung tersebar di grup-grup WhatsApp, di Sumbar salah satunya grup Keluarga Besar Ganto (grup alumni lembaga pers mahasiswa di Universitas Negeri Padang).

Ucapan belasungkawapun mengalir di grup WhatsApp tersebut. Kabar meninggalnya Prof Mestika Zed dibenarkan teman seprofesinya di Jurusan Sejarah Universitas Negeri Padang (UNP), Dr. Aisiah, M.Pd.

Ia menuturkan bahwa Mestika mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Jamil Padang pagi tadi, sekitar pukul 08.26 WIB. "Sekarang sedang proses dari M Jamil ke rumah duka," ungkapnya, Minggu (1/9).

Prof Mestika Zed merupakan sejarawan yang lahir di Batu Hampar, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, 19 September 1955. Ia merupakan guru besar sejarah di UNP.

Mestika Zed merupakan satu di antara sejarawan yang giat menulis dan meluruskan sejarah-sejarah yang terjadi di Sumbar dahulunya, seperti Pemerintahan Darurat Republik Indonesia dan lainnya.

Berikut beberapa di antara judul buku yang pernah ditulisnya.

Somewhere in the Jungle: Pemerintah Darurat Republik Indonesia, Pustaka Utama Grafiti, 1997

Sumatera Barat di Panggung Sejarah, 1945-1998, Pustaka Sinar Harapan, 1998

Ahmad Husein: Perlawanan Seorang Pejuang, Pustaka Sinar Harapan, 2001

Kepialangan Politik dan Revolusi, Palembang 1900-1950, LP3ES, 2003

Giyugun: Cikal-bakal Tentara Nasional di Sumatra, LP3ES, 2005

Metode Penelitian Kepustakaan, Yayasan Obor Indonesia, 2008 (Sanca).

Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.