Daop 1 Jakarta PT KAI menggelar sosialisasi keselamatan di pelintasan sebidang Manggarai, Jalan Bukit Duri Utara Raya, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (17/9) sore.

 
JAKARTA, SANCA NEWS.COM - Daop 1 Jakarta PT KAI menggelar sosialisasi keselamatan di pelintasan sebidang Manggarai, Jalan Bukit Duri Utara Raya, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (17/9) sore.

Pihaknya membentangkan spanduk imbauan agar pengendara tidak menerobos pelintasan kereta api.

Pantauan Warta Kota, di pelintasan tersebut cukup padat arus kendaraan. Bahkan masih banyak beberapa orang yang nekat menerobos pelintasan.

Pihak Daop 1 Jakarta membentangkan spanduk bertuliskan, 'Stop! Dahulukam Kereta Api yang Melintas'. Pengendara yang nekat menerobos langsung dilakukan penilangan oleh pihak kepolisian.

Sementara itu, Executive Vice President Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah, mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk tindak lanjut dari Focus Group Discussion (FGD). Bertema 'Pelintasan Sebidang Tanggung Jawab Siapa?' pada 6 September lalu.

"Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap kesadaran masyarakat untuk menaati aturan lalu lintas di pelintasan sebidang semakin meningkat. Sebab, pelanggaran lalu lintas di pelintasan sebidang tidak saja merugikan pengendara jalan. Tetapi juga perjalanan kereta api," kata Dadan, saat di lokasi tersebut.

Daop 1 Jakarta, lanjut Dadan, mencatat terdapat 171 pelintasan sebidang yang resmi. Serta 287 pelintasan sebidang yang tidak resmi.

"Untuk pelintasan tidak sebidang baik flyover maupun underpass berjumlah 70. Sedangkan untuk kasus kecelakaan, pada tahun 2019 di wilayah Daop 1 Jakarta sebanyak 97 kasus. Dengan jumlah korban 53 meninggal dunia dan 25 luka-luka," jelasnya.

Salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan pada pelintasan juga banyaknya pengendara yang menerobos. Karena itu, sosialisasi tersebut akan berlanjut di beberapa lokasi lainnya. (Sanca)



Kutipan warga kota
Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.