Gubernur DKI Jakata Anies Baswedan



JAKARTA, SANCA NEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara HUT ke-74 RI di Pulau D Reklamasi. Dalam pidatonya, Anies bicara soal wajah baru Jakarta.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga terus berupaya meningkatkan daya saing dan keunggulan kota melalui berbagai program strategis. Melalui wajah baru Jakarta, kita ingin mewujudkan Jakarta sebagai kota maju, kota lestari, kota berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan, dan kesejahteraan bagi semua," ujar Anies dalam pidatonya di Pulau D Reklamasi, Sabtu (17/8).

Anies mengatakan wajah baru Jakarta tidak hanya soal tampilan yang baru. Tapi juga terkait cara berpikir, cara bekerja, hingga cara pandang untuk keadilan dalam kebijakan.

"Wajah baru Jakarta bukanlah soal tampilan yang berbeda, tapi soal cara berpikir, soal cara bekerja, cara pandang, sekaligus pola interaksinya. Bagaimana menghadirkan keadilan dan kedaulatan dalam setiap kebijakan," kata Anies.

Anies menyebut memajukan Indonesia memerlukan sumbangsih ide dan gagasan dari anak bangsa. Anies menyebut beberapa prasarana yang telah dibangun, di antaranya moda transportasi MRT hingga trotoar yang lebih luas.

"Untuk menjadikan Indonesia maju, diperlukan terus sumbangsih, curahan ide gagasan cemerlang dari setiap anak bangsa. Bila kita menyaksikan bersama pembangunan di Kota Jakarta. Bila kita menyaksikan integrasi antarmoda transportasi, bangunan MRT. Gagasannya adalah untuk membuat lebih banyak ruang interaksi antarwarga," kata Anies.

"Bila kita menyaksikan trotoar yang lebih luas, ramah untuk kaum difabel. Maka di belakangnya ada gagasan tentang membuat fasilitas publik yang setara bagi semua, bila kita menyaksikan taman-taman baru yang ada di Jakarta. Maka di belakangnya ada gagasan tentang menjadikan taman-taman sebagai tempat retensi air, tempat berekspresi. Karena itu dibangun bersama masyarakat, bukan sekadar oleh pemerintah sendiri," tuturnya.

Menurut Anies, saat ini pihaknya selalu mendorong adanya keadilan bagi seluruh kebijakan. Selain itu, dia menyebut mendukung masyarakat marjinal agar memiliki kesempatan.

"Karena itulah, kita selalu mendorong keadilan bagi semua kebijakan termasuk memperhatikan dan mendukung masyarakat marjinal agar mereka bisa hidup dengan baik, mendapatkan kesempatan yang layak seperti semuanya," tutur Anies.

Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.