Ilustrasi

JAKARTA, SANCA NEWS.COM - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya mendukung penuh penyelenggaraan balapan Formula E di Jakarta pada 2020 mendatang. Ketersediaan dan jaringan listrik di Jakarta menjadi modal utama untuk menyokong turnamen balap mobil listrik tersebut. Hal ini disampaikan oleh General Manager PLN UID Jakarta Raya Ikhsan Asaad dalam press breifing di Jakarta, Senin (22/7).

"Formula E 2020 ini menarik seperti Asian Games tahun lalu. Saya kira enggak ada masalah, kita siap karena jaringannya kuat sekali tidak ada yang perlu diragukan, persiapannya tidak pelu ruwet," kata Ikhsan Asaad.

Ikhsan Asaad menuturkan kehandalan pasokan sistem kelistrikan Jakarta berlapis yang terdiri dari 8 subsistem. Artiannya bila terjadi gangguan pada salah satu jaringan maka akan dipasok daya dari jaringan lain. Delapan subsistem itu yakni Balaraja 3 dan 4 Lontar 1.540 MW. Kembangan 1 360 MW, Priok Bekasi 2-4 Cawang 1 2.460 MW, Bekasi 1-3 Cibinong 3 1.080 MW, Cibinong 1,2 Salak Pratu 1.620 MW, Cawang 2&3 Depok 1-2 1.440 MW, Gandul 2-4 20 MW, Muara Karang Andul 1-2 Kembangan 2.270 MW. "Jakarta adalah kota yang paling kuat jaringannya," tegas Ikhsan Asaad.

Dikatakannya PLN mendukung gelaran Formula E lantaran sejalan dengan program shifting the lifesytle. Artiannya mengedukasi masyarakat untuk perlahan meninggalkan energi fosil. Sebagai contoh pergeseran moda transportasi umum dan kendaraan pribadi menggunakan energi listrik. Kemudian peralihan kompor konvensional menjadi kompor induksi. "Kalau ini sudah banyak di Jakarta bisa membantu mengurangi impor bbm dan membuat langit biru Jakarta," ujar Ikhsan Asaad.

Jakarta menjadi tuan rumah ajang Formula E disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu. Formula E merupakan kendaraan yang menyerupai Formula 1. Hanya saja yang membedakan mesin Formula E menggunakan tenaga listrik. Kejuaraan balapan kendaraan listrik itu kali pertama berlangsung di Beijing, Tiongkok pada 2014 silam.

Namun Ikhsan belum bisa membeberkan lebih lanjut seperti apa persiapan yang dilakukan dalam mendukung program tersebut. Pasalnya masih dalam pembahasan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hanya saja dia memperkirakan perhelatan Formula E meningkatkan konsumsi listrik bisa meningkat hingga 50 MW. (Dkn).



Sumber: BeritaSatu.com
Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.