PADANG, SANCA NEWS.COM - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Sumatera Utara berpartisipasi dalam Lomba Memasak Rendang atau Festival Marandang Tahun 2019 di Halaman Museum Adityawarman, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Jumat (27/7).

Lomba Memasak Rendang antar TP PKK se Indonesia ini rangkaian Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tingkat nasional ke 47 tahun 2019.

Namun pada acara itu, TP PKK Sumut menjadi perhatian karena secara spontan tampil dengan menghibur para peserta dan pengunjung lewat tarian. Beberapa anggota TP PKK Sumut ke tengah lapangan dan menari mengikuti lagu-lagu dari berbagai daerah yang sedang diputar.

Satu per satu, peserta dan pengunjung merapat mendekati rombongan TP PKK Sumut. Bahkan, beberapa ada yang ikut bergabung menari. Beberapa lagu Sumut pun didendangkan, dua di antaranya lagu berjudul Gadis Melayu dan Sitogol.

Pada saat bersamaan, pembaca acara, Rustam Rusdi, pun ikut menari bersama, dan mengajak seluruh undangan memberi tepuk tangan pada peserta TP PKK Sumatera Utara. "Ayo, beri tepuk tangan untuk Sumatera Utara," teriaknya.

Walikota Padang, Mahyeldi Ansyarullah dan Ketua TP PKK Kota Padang Harneli Mahyeldi, juga mampir ke stan Sumut.

"Horas," ucap Mahyeldi. Saat itu, Mehyeldi mengaku, ia dan istri juga telah disematkan marga dari Sumatera Utara. Ia diberi marga Ginting, sedang istri diberi marga Sitepu.

Mahyeldi Ansyarullah menjelaskan, acara ini dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang. Tahun ini dirangkai dengan Peringatan HKG. Selain para TP PKK, lomba juga dilaksanakan antar SMP di Padang dan antar kelurahan di Padang.

"Ini salah satu cara kita untuk melestarikan rendang sebagai warisan kuliner tradisional Minangkabau. Jangankan antar provinsi, antar daerah di Padang saja, cita rasa rendang itu bisa berbeda-beda. Hari ini, kita tampilkan ragam dan variasi tersebut di sini," kata Mahyeldi saat membuka acara.

Dalam Festival Marandang, keluar sebagai juara yaitu Jawa Tengah disusul Bengkulu dan Sumatera Utara menempati posisi ketiga.

Hadir dalam acara ini, Ketua TP PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Ketua TP PKK Sumbar, Nevi Zuairina Irwan Prayitno, Wakil Ketua TP PKK Sumbar, Wartawati Nasrul Abit, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Arfian.

Juga Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian, unsur forkopimda dan OPD Padang dan Sumbar, tokoh adat dan masyarakat Minangkabau, seluruh Ketua dan perwakilan TP PKK dari seluruh Indonesia. (Dkn).
Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.