Kondisi Soleha (13) bocah di Jakarta Barat yang alami kelumpuhan dan gizi buruk.

CENGKARENG, SANCA NEWS.COM - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat telah melihat kondisi Soleha (13) warga Rusunawa Pesakih, Cengkareng, Jakarta Barat yang kondisinya memprihatinkan.

Kasudin Kesehatan Jakarta Barat, Kristy Wathini mengatakan bahwa Soleha yang mengidap penyakit lumpuh otak akan dirujuk ke RSUD Cengkareng untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.
"Rencana akan diberikan surat rujukan ke RSUD Cengkareng," kata Kristy, Selasa (9/7).

Dikatakan Kristy, sejatinya Soleha merupakan pasien lama di bawah perawatan poli rusun Puskesmas Cengkareng.

Namun sejak 2015, Soleha sudah tak pernah lagi dibawa berobat oleh pihak keluarganya.
"Alasannya karena nenek pasien sudah lelah harus bolak balik dan tidak ada perubahan maka pasien tidak dibawa lagi ke rumah sakit," katanya.

Saat kunjungannya tersebut, Kristy menyebut sang nenek yang mengurus Soleha juga sempat menolak bila cucunya dibawa ke RSUD Cengkareng.

"Makanya apabila dibutuhkan transportasi akan dibantu oleh puskesmas," ucap Kristy.
Diberitakan sebelumnya, nasib pilu dialami Soleha (13), yang alami lumpuh otak hingga menyebabkan kelumpuhan dan gizi buruk.

Nenek Soleha, Sukmana (56) mengatakan, kondisi yang dialami sang cucu sewaktu Soleha terserang muntaber saat berusia 7 bulan.

Sejak itu hingga saat ini, fisik Soleha tak bisa tumbuh secara normal. Soleha pun hanya bisa tiduran dan tak bisa berbicara.

Tulang punggungnya juga bermasalah sehingga ia tak bisa tiduran atau telungkup secara lurus.
Sedangkan kedua kaki dan tangannya kurus kering menandakan dirinya mengalami masalah pada gizinya.

Sukmana berharap ada pihak yang mau membantu untuk kesembuhan sang cucu. Minimal, dapat meringankannya untuk membiayai kebutuhan hidup untuk Soleha.

Sebab, selain makanan untuk sang cucu harus selektif, Soleha juga harus menggunakan pampers lantaran kondisi fisik dan geraknya yang terbatas.





Sumber : Tribun
Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.