Athena (YUNANI), SNews- Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Muhammad Anshor, memimpin delegasi Indonesia dalam Forum Konsultasi Bilateral (FKB) Indonesia - Yunani, di Athena, Yunani (13/12).

FKB Indonesia - Yunani telah membahas upaya konkrit peningkatan kerja sama bilateral, terutama perdagangan dan investasi serta peluang Yunani sebagai hub alternatif bagi produk Indonesia ke kawasan Eropa, Balkan dan Mediterania.

Kedua pihak juga memandang penting finalisasi Kesepakatan Kerja Sama Ekonomi sebagai payung kerja sama untuk memaksimalkan potensi ekonomi kedua negara termasuk melalui komunitas bisnis. Untuk itu, Yunani sepenuhnya mendukung penyelenggaraan Bisnis Forum pada tahun 2019 di Yunani.

Untuk perkuat momentum hubungan bilateral, Dirjen Amerop dan Direktur Jenderal Politik Kementerian Luar Negeri Yunani, Theodoros Georgakelos, menyepakati naskah final MoU on Bilateral Consultations. Pertemuan juga sepakati pembentukan mekanisme bilateral reguler untuk review implementasi kerja sama dan dorong penyelesaian pending matters, serta penyelenggaraan FKB berikutnya di Indonesia.

Selain bidang ekonomi, disepakati perlunya meningkatkan hubungan erat kedua negara melalui people-to-people contact. Kedua pihak juga tertarik untuk mengembangkan kerja sama bidang kebudayaan seperti pelestarian warisan budaya dan peninggalan bersejarah.

Dalam pertemuan, kedua Dirjen bertukar pandangan mengenai isu-isu regional dan global yang menjadi perhatian kedua negara seperti penanganan arus migran, penanggulangan terorisme, maritime security, dan perkembangan kawasan ASEAN. Yunani memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya stabilitas kawasan dan mengakui peran aktif Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia. ​



# SN-001 |  KBRI Athena
Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.